Sikap (attitudes) konsumen adalah faktor yang berpengaruh
dalam keputusan konsumen karena konsep sikap yang berkaitan dengan konsep
kepercayaan (belief) dan perilaku (behavior). Sikap merupakan ungkapan perasaan
konsumen tentang suatu objek dalam menyukai suatu objek atau dapat merupakan
kepercayaan konsumen terhadap berbagai manfaat dari suatu produk. Kepercayaan
konsumen adalah pengetahuan konsumen terhadap suatu objek, atribut atau
manfaatnya dimana kepercayaan bersama sikap dan perilaku berkaitan dengan
atribut produk. Atribut produk sendiri merupakan karakteristik yang terdapat
pada suatu produk.
2. HUBUNGAN ANTARA SIKAP
DAN PERILAKU KONSUMEN
Menurut James F, Roger D, Blackwell ,Paul W , dan Miniard
dalam Saladin (2003 : 19) terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen yaitu :
Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial,
keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami
pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil
keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks,
dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut
diatas.
Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan
keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi.
Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan
serta mempengaruhi perilaku.
Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku
konsumen dalam proses keputusannya.
3. MEMPREDIKSI PERILAKU
DENGAN SIKAP KONSUMEN
Terdapat enam faktor yang mempengaruhi kemampuan sikap dalam
memprediksi perilaku Konsumen, antara lain:
· Tingkat
Keterlibatan Konsumen
· Pengukuran
sikap
· Pengaruh
orang lain
· Faktor
situasional
· Pengaruh
merek lain
· Kekuatan
sikap
MODEL PERUBAHAN KEPERCAYAAN,SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN
Setelah mempelajari hal diatas maka selanjutnya pemasar
harus dapat mengetahui model perubahan kepercayaan,sikap dan perilaku,dimana
dalam model ini Proses perubahan di mulai dengan pesan /komunikasi dengan
maksud membujuk.
Pemprosesan informasi pesan kemudian terjadi. Pada titik ini
,proses perubahan terjadi melalui jalur yang berbeda yaitu :
Jalur pengambilan keputusan(dapat di pelajari dengan
a.proses Perubahan Sikap Berdasarkan
Elaboration Likelihood Model,b.Model Multiatributdan c
.Model Reasoned Action atau Model Behavioral Intentions.).
Jalur eksperiental(dapat dipelajari dengan.A.Balance
Theory,Bmempengaruhi sikap dengan teori pertimbangan sosial.).
Jalur Pengaruh perilaku(dapat di pelajari dengan
A.Mempelajari pengaruh Behaviorial).
Hal diatas merupakan hal-hal yang dapat di perhatikan di
dalam sikap dan alasan terkhir adalah mengapa perusahaan perlu mengubah Sikap
Konsumen alasannya sebagai berikut :
1.Perusahaan ingin memunculkan segmen baru,dengan
memunculkan segmen baru maka perusahaan dapat menambah income dari pengguna
yang sudah ada maupun pengguna yang baru karena membutuhkan segmen tersebut.
2.Menghadang kecenderungan Negative Demand. Perusahaan harus
menghadang atau mencegah negative demand dalam perubahan sikap konsumen yaitu agar
tidak terjadi penurunan permintaan produk.
3.Memperluas lini Produk. Perusahaan berusaha mengubah sikap
konsumen untuk menyesuaikan dengan lini produk yang baru.
4.Untuk membangun keunggulan Kompetitif. Agar perusahaan
memiliki position yang positive di mata konsumen.
Sumber :
- http://boetarboetarzz.blogspot.com/2012/11/sikap-konsumen.html
- http://blogs.unpad.ac.id/v12stawberry/2011/12/02/sikap-konsumen/
- http://generasi1990.blogspot.com/2011/04/sedikit-teori-pemahaman-sikap-dalam.html
- http://planetkurikuri.wordpress.com/2011/04/30/bab-vii-sikap-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar