Selasa, 22 Januari 2013

bore up supra x 125cc jadi 145,09cc

Berhubung ane ada waktu senggang ane mau sharing nih kepada brother2 n sister2 khusus pengguna mulai dari kirana, kharisma, n supra x 125 tentang gimana caranya supaya motor bapak2 yang satu ini bisa berlari secepat atau melebihi satria FU OEM (std pabrikan)

bahan2 yang diperlukan :

1. sebongkah seher original kawasaki blitzjoy oz50 (ukuran 56,5mm) kalau susah nyari barangnya yang NPP juga bisa. Harap diingat belinya sepaket piston / seher, ring piston, pen pistonnya juga..!

  • kenapa ane gunakan piston / seher blitzjoy..? 
  • dikarenakan masih minim ubahan, sebenernya bisa kalau mau memakai ukuran diatas seher itu semisal :
  1. Seher thunder (57mm ada ubahan di pen).
  2. Seher sonic (58mm beli boring baru ama bobok crankcase ganti klep n per klep ).
  3. Seher tiger, kawasaki boss, scorpio (63 - 72mm beli boring, ama bobok crankcase, rubah sudut klep, beli klep, perklep n ngecor jalur oli).

2. Bahan pertama udah siap tinggal ente bawa ketukang bubut blok sehernya (boring), dan selalu inget dibawa juga sehernya buat nyesuaikan ke boringnya.

JANGAN PERNAH SEKALI KALI bawa blok seher tanpa sehernya karena nanti gak akan presisi, efeknya itu fatal banget suara mesin kayak mesin jahit ditambah mesinnya bisa berubah jadi 2tak aka ngebul.



3. noken as custom bro karena percuma mau beli yang racing juga bakal dibubut ulang, noken as itu menyesuaikan kebutuhan mesin ente, mau trek panjang, pendek bisa diatur karena kunci motor 4tak ada di noken as alias camshaft.

4. Rubah squishnya (squish itu artinya kubah di head silinder) ini yang digambar model bathub, biar ente gak ribet bilang aja berapa derajat supaya kompresinya gak terlalu padat atau kegedean, biar bisa minum bensin subsidi juga.



5. karburator nsr sp 28mm (inget yg thailand punya kalo yang kw ane gak tanggung jawab kalo motor ente brebet) dan perlu diperhatikan warnanya kalo yang asli tuh rada2 keabu abuan finishing rapih, kalau yang kw yg warna terang.


6. kalo udah beli karbu jangan lupa beli intake, percuma juga kalo udah beli karbu, karbunya kagak bakalan bisa kepasang.

Cari intake yang karetnya gak gampang sobek (dulu si ane pake selang fiber yg ukurannya 30mm tp jangan ditiru ya bro).




7. cdi brt dualband / hyperband sama aja kalo menurut ane.

8. porting polish lobang in dan kalo bisa lobang ex (lobang head pembuangan yg di kenalpot) bentuknya huruf D, karena efek turbulensinya bagus dan flow pembuangan jadi lancar.


9. bak kopling manual karena kalo kagak pake kopling manual bisa "standing dan terbang". #umarbakrie

10. Knalpot racing, kalo bisa handmade karena kalo handmade sang pengrajin knalpot menyesuaikan kebutuhan mesin kita dan mampu menghidupkan ukm lokal yang sedang merintis #sokbijak. B)

11. sebenernya sih klep perlu dirubah tapi buat harian ini bkn buat balap ane rasa klep standar masih bisa lah.

12. Kanvas rem ini terlihat sepele tapi kalo kagak ada ini part bawa 50kpj aja mikir 2 kali.

kalo udah terpenuhi semua bawa kebengkel kepercayaan bro n sist kalo bisa sih yang udah kenal akrab (bengkel balap resmi / liar kalo bisa jgn bengkel resmi) ane pengalaman bawa ke ah*as kondisi udah bore up settingan klep dibikin rapet, gokil besoknya langsung jebol.



  • Nih gan hasilnya, keren gak ?
  • Kagak ah, kalo alay iya huahahaha



History :
kecepatan yang pernah diraih on speedo 140km/j ditempuh dijarak 600meter, pernah ngebabat satria FU spek knalpotan ama ban cacing (kalo FUnya korek juga mah pastinya ane yang kalah), vixion knalpotan, mx sama2 bore up, shogun SP, city sport 1, lamborghini gallardo (lagi parkir)..


  • Abis berapa gan kalo dibikin alay begitu ?
  • 2,5jt mah raib gan
Inget gan hormati pengguna jalan lain, gunakan helm berstandar nasional ataupun internasional guna mengurangi resiko cedera serius dari kecelakaan berkendara. Dan selalu inget slogan fiesta "Because safety can be fun"

121 komentar:

  1. akhir ceritanya yang gw suka :D .... tnx brother

    BalasHapus
  2. hahahhaa yoi bro keep safety riding kasian emak diruma blom bs bahagian udah mampus duluan, mending kalo mbalap dicirkuit aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang seher 56.5 gak oanas ke boring?? Kan ukuran liner 58 jadi sisa 1.5 mm buat boringnya gmana tuh , kalo touring aman??

      Hapus
    2. Klo ganti pake seher tiger ov100 apa aja yg di rubah ya om?

      Hapus
    3. Gan, ente lokasi nya mana?
      Klo dana segitu (2,5jt) pake nya seher apa, dan bisa smpe berapa cc larinya?
      Klo buat harian aman ngga?

      Hapus
  3. bak kopling supra 125 ada asli thailand ga bro?

    BalasHapus
  4. Kayaknya ada bro merk snd, jadi lobang olinya buat stut kopling nah lobang olinya ada di dkt kampas kopling, searching aja blok supra x 125 snd :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane udah aplikasikan bak kopling merk nsd malah gembos larinya biasa nya ane jalan 100 sekarang 80 aja apa masalah masbro

      Hapus
    2. Clutch plate ente itu gan udah abis, coba ganti yg racing aka pernya yg rada kerasan dikit

      Hapus
  5. mas, minta saran dong. motor ku standart_an semua mas, cuma sehernya aku pake seher kaze oz 150. maklum masih kls 1 smp :D
    aku bingung ama noken as sama kubahnya itu diapa_in mas.
    sama lobang ex yg diknalpot gak di apa-apa_in ngaruh gak mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seher kaze tuh kalo gak salah ukurannya 55mm..?
      kalo menurut ane sih kalo masih pake kaze mending tuh head std aja,

      terus untuk noken as kalo yg blm paham ama mesin mending beli yang udah jadi aja kayak kawahara (type k1) atau apalah mereknya tapi yang buat korek harian (walau agak ngiclik dikit), jgn beli noken as yang buat klep gede ( type k2,k3) krn liftnya tuh tinggi bgt yg ada rontok motor ente,
      TAPI menurut ane lbh asik dipapas jadi ente harus konsultasi ke mekaniknya.

      lobang ex kalo mau enak sih diporting dikit aja, logikanya gini sedotan aqua yg gopean ama sedotan okky jelly drink lbh cepet mana nyedotnya..? pasti yg okky jelly drink bgtu pun lobang ex kalo diporting dikit bisa cpt ngebuang panas mesin tapi jgn kegedean portingnya sesuain ama kebutuhan mesin kalo kegedean jadi ngempos motor ente

      Hapus
    2. ralat lagi kalo lobang ex digedein otomatis lobang in jg harus gede

      semoga membantu :)

      Hapus
    3. Bro kalau blok piston karisma kita ganti sama boring scorpion bisa gk?
      Lok bisa ukuran klep in dan ex nya ukuran berapa bisa pake?

      Hapus
  6. kalo abis di bore up, di kembaliin kyak standar lg bisa ??
    mohon d blas, makasih bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. bore up gmn dulu..? kalo bore up nya sampe ngebobok crankcase bkalan ngeluarin duit bnyk kalo mau di standarin, tapi kalo cuma ngebubut boring doank, masih bisa beli blok std buat standarin lagi, atau diganti boring baru biar biaya lbh murah

      Hapus
  7. Bore up nya dimana gan? Abis berapa untuk bore up?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake blok std 35rb ( utk korter), seher 56mm + ring seher + pen seher 150rb, paking (ane lupa kira2 20rb lah), oli 35rb, ongkos pasang 100rb, INGET ITU CUMA BORE UP,

      kalo mau bisa ngelewatin satria FU mesti ngikutin ramuan diatas 2,5jt mah abis gan, tapi bertahap aja upgradenya, :)

      Hapus
    2. Mau tanya bro ngimana sudah 1 tahun pemakaian bro,apakah blok standart HSX125 gak pecah pas dijejali piston 56.50mm
      Butuh masukan rencana 17 agustus ane mau ganti piston 56 masih aman apa terlalu extreme nih bro?😅

      Hapus
    3. Saya diameter 56 pakai dr 2017 awal sampai sekarang boring aman seher aman asal oli jgn telat.

      Hapus
  8. Bro klo squish head biayanya brp? klo ganti klep sonic apa aja yang harus di ubah dan ongkosnya brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bikin squish mah murah gan paling 35 - 50rb, yang mahal itu sitting klepnya bisa ampe ratusan ribu, klep sonic ukuran 28/24 1 set 150rb

      Hapus
    2. Bro bilangnya ke tukang bubutnya gimana bro kalo klep masih std tapi seher pake kaze ov 150?
      Tolong dibales

      Hapus
  9. bro kalo supra x 125 standart kan bisa pke seher blitz,nah untuk itu ada bagian yang dirubah gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti dirubah gan, squish ama korter blok sehernya, biar seher blitzjoynya masuk ke mesin supra ente,

      Hapus
    2. Gan. Ganti liner boring nggak pake seher blit joy ??

      Hapus
    3. Gan. Ganti liner boring nggak pake seher blit joy ??

      Hapus
  10. gan mau tanya,
    kalo supra 125 ane di masupin seher 58mm
    kira2 bobok crankcase ga?
    terus klep di ganti juga atau standar aja?
    monon di bantu gan, new bie.
    sebelumnya makasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibobok pasti gan, kan seher 58mm harus ganti boring,
      soalnya boring maksimal supra x 125 std cuma sampe seher 57mm itupun udah tipis bgd,

      klep harus ganti gan pake punya sonic

      Hapus
  11. bang mau tanya kalu pakai piston bliztjoy standart kan ukurannya 56mm lha boring standartnya supra 125 maksimal dimasuki piston ukuran 57mm lha ketebalan boringnya 1mm apa itu tidak ketipisen bang entar takutnya pecah atau retak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya ane gk saranin ente pake seher 57mm gan,

      hhehe makanya agan pake seher 56mm dulu gan, sisa boring jg masih 2mm kalo sewaktu - waktu seher ente baret baru deh agan oz50 jadi 56,5mm (boring 1,5mm masih aman buat harian asal ganti oli rajin)

      Hapus
  12. Mas saya mau biar supra x saya jdi 150cc yang di ubah apa ajah trus hbis brpa

    BalasHapus
  13. kalo stroke up 2mm per klepnya pake punya apaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake per klep japan aja broh, tapi banyak penyesuaian di headnya

      Hapus
  14. gan mau tanya, kalo diameter boring supra x 125 brapa ya?

    BalasHapus
  15. Bang . saya juga butuh saran . saya punya honda karisma .. Ini semua part sudah saya beli .dari
    . piston 55.25mm izumi
    . noken k2 kawahara
    . per klep jepang
    . cdi neo dualband brt
    . per kopling tdr
    . kampas kopling ahrs
    . bak kopling manual
    . karbu pwk 28 + intake
    . knalpot f4 tga s/s ub ahrs
    .. Trus apa pasti di ganti klep yg lbh besar bang kyk punya sonic.. bianya pasang klep besar habis brapa bang .. Dan supanya biar klep sama piston tdk bertabrak kan di bikin gimana ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mesti di ganti sekarang motornya bro... 😀

      Hapus
    2. Noken kawahara k2 nya terlalu serem bro kalo buat harian, mending yg k1 kalo buat harian, tapi kalo buat race only wajib hukumnya ganti klep ama rubah sudut

      Hapus
  16. Bro klo pake seher izumi 54,5mm gmna aman gk buat harian+tarikannya gmana????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman gan saya pake 54.5 kawahara dome. Tapi harus di squish, porting, perklep swedia/jepang noken ganti kawahara k1, karbu rx-k atau pe28 aman gan bwt harian

      Hapus
  17. numpang tanya bro .. kalo suspra 125 di bore up ap suara nya emang kasar ?
    apa suara dari as klep ny

    BalasHapus
  18. Bro kalo pakek noken kawahara k2,klep sonic & karbu pe 28 lebih enak gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak atau enggaknya itu tergantung settingan bro, kadang spek minim kalo yg ngeracik dewa yg spek sadis pun bisa di kadal kadalin

      Hapus
  19. Bro klo bore up150cc perlu dana brapa ya sob rindu motor kencang lagi sob😂

    BalasHapus
  20. Om mau nanya nh kan saya pake Boringan 58 pasti bobok krengkes kalo mau pake boringan standar lagi bisa ga? Mohon infonya yh om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kalo di standarin mah, tapi ganti juga crankcasenya wkwkwkw

      Hapus
  21. Balasan
    1. Mana aje bs bro, bongkar sendiri jg bs :D tp inget yg udah kepercayaan aja kyk sodara atau temen dkt punya bengkel jg bs

      Hapus
  22. Salam jumps bro. Mohon bantuannya. And punya kirana standard baru2 ini keluar asap Putin. Dari bengkel sarankan ganti ring seher. Ane gati. Tapi setelah ganti jalau mesin motor panas suaranya kasar seperti mesin jahit pada bagian depan mesin. Itu kenapa Mas Bro. Dan apa solusinya. Thanks bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo suara kasar kemungkinan bisa noken as udah aus, pelatuk jg udah aus(tp ini kemungkinan kecil) atau lidah tensioner udh gk tegang lagi,
      nah ini kadang mekanik ngaco kalo ngebul pasti ganti ring seher doank, pdhl itu bisa juga liner atau boring udah pada baret mesti di oversize, dan ada kemungkinan seal klepnya udh bocor juga,

      Hapus
    2. Makasi Bro, tapi kalau begitu solusinya apa ya? Waktu asap ngebul memang tidak ada bunyi apa2. Hanya granting ring seher jadi masalah. Ini motor uda 3 hari dibengkel NSS Honda dikeroyok 5 mekanik nga jadi2. And jadi kasian tuh motor.
      Tolong bro

      Hapus
    3. Makasi Bro. Kalau begitu solusinya apa ya? Soalnya waktu ngebul nga ada bunyi apa2 selain asap. Masalah muncul setelah ganti ring seher.ini motor uda 3 hari di bengkel NSS HONDA dikeroyok 5 mekanik nga jadi2. Tolong ya Bro ...

      Hapus
    4. Coba bro cek noken as nya, seal klepnya, boringnya lecet gk dan jgn lupa cek kerenggangan tensioner biasanya yg bikin berisik motor disitu, kalo emng di cek udah rusak mending diganti aja takutnya malah menjalar

      Hapus
    5. Makasi ya Bro nanti dicoba

      Hapus
    6. Oke sama2 bro, usahain ente ngeliat langsung proses bongkarnya dan diliat sendiri kalo bisa part apa aja yg harus diganti

      Hapus
  23. Bos klep in 26 klep out 22 pake apaan yah??

    BalasHapus
  24. minta saran supra x 125 saya mau di pake in piston 56mm sama mau ubah klep,, di pake in klep apa ya mass,, mohon di bales mass

    BalasHapus
  25. Gan, ane mau nanya, klo dibore up cuma ganti piston aja sma bubut boring , bisa knceng kyak satria gx ya ?
    and klo pake piston sonic, yg uk 57, aman gx buat harian ?
    #maaf,newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston 57mm kalo cuma dibubut boringnya mah sama aja bikin celaka broh, ganti boringnya aja sekalian, coba dibaca baik2 ane kan rekomen sampe 56.5 aja utk bubut boring stdnya, lbh dari itu resiko tanggung sendiri.

      Urusan kenceng atau enggak itu tergantung dari perhitungan mekanik ente, kalo mekanik ente bagus ya malah bs ngasepin cbr thai

      Hapus
  26. mas numpang nanya.
    saya udah pake seher 53.9
    mending ganti head aja ato head standar diubah?
    kalo diubah aja, klep n' per sonic masuk gak?
    noken as standar aja ato ganti racing? thx.

    BalasHapus
  27. maas mau nanya kalau batas oversize terakhir supra tahun 2002 brapa ya maas

    BalasHapus
  28. kalau boreup + ganti karbu kira2 sehari kelar ga om ? ada rekomendasi bengkel mana utk kerjainnya ?

    BalasHapus
  29. min numpang tanya.klo boring supra x125 di masukin ke astrea star jalur oli sama atau beda. .

    BalasHapus
  30. Butuh saran bro Supra aneh Uda pake seher kaze ov150 TPI mau tak ganti lagi soalnya udah baret²parah ..Nah enaknya ganti seher apa ya .. tolong di jawab admin..

    BalasHapus
  31. mas minta sarannya saya dari garut,, saya punya motor supra x 125 yang speknya seher pake kaze os 100, noken as di papas sesuai mesin ane,, nah karena umur motor ane umurnya udah lama,, jadi piston ane udah rusak nih suaranya aja kaya msin jait,, krna pake touring yang jauh2 mulu,, nah kalo ada duit nih mas,, "gimana nih caranya, ane sih maunya pake seher sonic, klo noken as pake yg ini lg aja" nah yang saya takutin apakah masih kuat tuh buat touring ke bbrapa kota yang jauh, buat spek yang kaya gtu

    gtu aja, tolong di jawab mas, lg butuh jwbn bngt nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noken as nya custom lagi..
      Piston bisa pake versa 57 mm kalo sekiranya pake sonic 58 mm kegedean..

      Kalo noken as gak di custom lagi, gak disesuaikan... mesin na moal aya tanagian.. komo trek garut mah terang nyalira kedah ageung torsi

      Hapus
  32. bro mau tanya noken karisma sma supra tuh pnp gk

    BalasHapus
  33. Bro mau tanya kalo stut kopling yang bagus pake apa ya ?
    Soalnya punya ane stutnya udah jelek
    Mohon di jawab mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ane sih kmren bawa ke bengkel resmi bro
      Dan dia mau bikinin stut baru
      Skalian klo ane d ganti sama per kopling pke tdr tp d silang pke ori biar gk ngebagel aka keras
      Plat kopling jg d gnti sama tdr punya jg
      Hasilnya mantep

      Hapus
  34. Mas bro ane mau nanya nih
    Kmren ane udh ngerubah si jalu motor kesayangan
    Spek sama seperti punya abang sama percis cuma d sehernya ane pake kawahara bkn blitz
    Tp skrng si jalu malah jd berisik plus si motor jd brebet jg parahnya asap putih kluar trus gk brnti
    Dan si oli cuma brtahan 2 minggu
    Kira" mslhnya dmna sama apanya yg rusak ?
    Mohon bantuannya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ring sehernya kali rusak atau seal klepnya bocor, masangnya kurang bener biasanya, jd kyk suara mesin jait

      Hapus
  35. Ass mas bro sy mau nanya klu blok honda karisma ud os 100. Bisa di pakaikan piston apa lagi ya.. mhn info nya trims.

    BalasHapus
  36. Ass mas bro sy mau nanya klu blok honda karisma ud os 100. Bisa di pakaikan piston apa lagi ya.. mhn info nya trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Os nya seher std karisma kan?
      Berarti std 52,4mm -> os 100 jadi 53,4

      Pake seher kaze palingan bos itupun mesti di os lagi seher kazenya jadi kaze 0s 50 (53,5mm), blok mesti dikorter lagi karena kurang 0,10mm

      Hapus
  37. Mau tanya gan klo modal 1,5jt sarannya modalin apa dlu untuk supra x125 harian, maunya sih di naikin ccnya

    BalasHapus
  38. Bg ane tnyak klo di masukin blizttjoy o50 ori kwaski..klep nya pke klep srd bisa?
    Trus klo noken as nya di bubut kurus gmna?bsa nggak?
    Trus klo pke karbu std.cdi std bsa kgak?
    Mhon ptunjuk nya

    BalasHapus
  39. motor sya shogun 110 ..sdh ganti kampas kopling shogun trus pke kopling manual tapi kok klo di engkol sering selip yaa masalahnya di mna bro bgi infonya dong...trus piston sdh pke smash ov:150...nahh klo di bor up harian apa lgi yg hrus di ganti broo trimakasih

    BalasHapus
  40. Asalamualaikum ,,,
    Broo ane mau tanya supra x 125 ane udah ov 150 udah keluar asap putih dikit,, trus klo di ov 200 aman gak buat harian touring??
    Klo aman cocoknya pakek piston apa ??
    Trimakasih
    Apa perlu ganti klep

    BalasHapus
  41. Motor supra saya lagi proses pengerjaan seher kaze os 50. Kata mekaniknya sy kl bisa beli CDI Brt powermax hyper bukan yg dual hrg d pasaran 450-550 . Kl noken asliny d modif bahan lebih kuat , koil standar aj .Knalpot hrs d set ulang , urusan ngeset blok dan head silinder sy percayakan meknik sy..dia slh satu guru HMTC d sby . di Bengkelny lmyan lengkap..loksi daerah kutai sby

    BalasHapus
  42. Om supra ane os 56 blitjoy, klep, karbu standar, noken beli ori, pengapian msh standart.. Minta saran apa yg mesti d rubah? Nuhun sateacanna

    BalasHapus
  43. Motor supra 125 saya sudah di bore up pakai piston izumi 64,5,klep ukuran 31/28.di pake buat harian mas,nah masalahnya kemarin suara sehernya kasar minta di korter lagi.udah di korter suara nya halus lagi.tapi cuma tahan 2 minggu abis itu kasar lagi,itu masalahnya apa mas? Tukang korternya apa gimana? Tolong di jawab mas

    BalasHapus
  44. mz gan lo tuk harian kuat ga tuh ? standart usia pemakaian kira2 sampe brp ribu km tuk harian mz bero. slam knal adi malay

    BalasHapus
  45. Bg motor ane supra x 125 , sekarang saya pakai piston kaze 25 ,klep masih standart ,dan noken nya saya pakai noken timbunan bg , rencana saya mau pakai piston tiger ,seher nya pakai punya motor grand bg , dan klep nya klep sonic 24/28 , tapi saya tetap pakai noken timbunan nya bg , saran nya tolong bg biar bisa ngebut

    BalasHapus
  46. Supra 125 q abis bore up baru sktar 200km bunyi kletek2 mesinnya gimana itu bos jadinya

    BalasHapus
  47. Itu pake blitzjoy gausah over bos sama bobok crankcase kan bro? Maksimalnya pake blitzjoy oz brp biar ga over bos sama bobok crankcase?

    BalasHapus
  48. Itu pake blitzjoy gausah over bos sama bobok crankcase kan bro? Maksimalnya pake blitzjoy oz brp biar ga over bos sama bobok crankcase?

    BalasHapus
  49. Kalo motor ane di ganti seher 56 itu gakpp kalo pake klep std ya. Atau harus di ganti klep juga biar joss gmna..

    Tlong d bales bos��

    BalasHapus
  50. Permisi numpang nanya...
    Supra x125 spek
    Piston 56
    Noken as kawahara k1
    Porting polish
    Kopling manual
    Per klep agak kenyal dari standar (saya tak tau merknya itupun saran dari mekanik)
    Cdi brt dualband
    Knalpot racing
    Kira kira aman ga gan bwt harian..
    Dan kalo pake piston 55 kawahara cocoknya pake karbu 28 apa 26

    BalasHapus
  51. Diameter kubahnya dibikin berapa drajat min kalo pake piston sonic

    BalasHapus
  52. bos kalo gk ganti boring tapi pake seher soninc dimter 58 masuk gk yah

    BalasHapus
  53. mas mau nanya motorku kirana 125 mau naikkin 130 udh konsultasi k bengkel katanya ga usah ganti part yg ada aja di benahi misal nokken as nya dipotong
    dll apa benar bs begitu?

    BalasHapus
  54. mas mau nanya motorku kirana 125 mau naikkin 130 udh konsultasi k bengkel katanya ga usah ganti part yg ada aja di benahi misal nokken as nya dipotong
    dll apa benar bs begitu?

    BalasHapus
  55. Bang yanh saya karisma 140 harian udh di ubah semuanya noken as nya pun udh di ubah cuma hasil nya ada suara tektektekektek kaya dari tonjokan tensioner itu harus gimna ya

    BalasHapus
  56. Ngmna kondisi blok ente gan pecah apa pistonya pecah ?

    BalasHapus
  57. Apakah bisa di buat riding luar kota kak,truss apakah cepet overheat kak

    BalasHapus
  58. Ikut nimbrung ya gan, punya saya HSX 125 Helm In piston Kaze ZX OS 200 : 55,xx aja tak ganti boring 65 gan, mending cari aman mumpung di bongkar motornya gan, ganti boring di tempat saya 140 udah sama colternya, piston pake NPP Alhamdulillah masih aman, klep std 22/26 karbu pake Jupiter MX sejauh ini jos, kampas kopling pake indopart, saran jangan pake TDR atau yang racing, soalnya pengalaman yang kalah malah rumah kampasnya��, kalo per kopling pake 3 yang jepangan 3 tdr, untuk ngasepin FU di ringroad Alhamdulillah masih bisa��

    BalasHapus
  59. Bos sya mau tanya nih!
    Saya punya supra x 125 udh papas head,klep sonic,noken as k1,pke dual bnd juga+kaze std untuk trabas kurang di apanya ya bos masi kurang joooossss

    BalasHapus
  60. Ukuran Gir Depan belakang Pake Berapa Bang

    BalasHapus
  61. Bang saya punya motor karisma tapi piston udah pake kaze oversize 150 kira -kira biar lebih ngacir lagi di apain bang.biasa lah dana anak smp pasti tau tapi motor udh pake kopling tempel.
    Mohon di jawab🙏

    BalasHapus
  62. Seher blitzjoy standar
    Noken as standar gerusan
    Porting polish
    Kopling manual
    Kampas kopling CLD
    Per kopling standar + racing (selang seling)
    Cdi BRT
    Coil KTC
    Busi TDR
    Alhamdulillah buat harian di pake bulak balik kerja sama maen masih aman hehehe

    BalasHapus
  63. Wave 125 gw pake piston 58mm , klep in 29 ex 25, stroke 2,5mm noken as custom in ex 270 lift in 9,6mm klep ex 9,7mm per klep swedia, cdi pro drag, kopling manual, balancer 700gram, rotator udah total lost , kok ngacir ya gan

    BalasHapus
  64. Bos saya mau nanya,ane kok porting udh perklep pake swidia,piston setandar honda operses 50, bingung ko pake karbu 24 setingan gk nemu tetus ,pake 28 busi item,pake setandar gok,jadi harus pake karbu aoah,pilot berpah mainjet berpah

    BalasHapus
  65. Gan boleh minta no wa nya:v

    BalasHapus
  66. Motor saya suprax125 saya buat ala"road race ..dengan spek berikut
    1.bore up uk53mm
    2.cdi brt i max super pro 24 step
    3.porting
    4.per klep pakai Swedia
    5.kopling.kampas kopling sama peer kopling gue ganti Kawahara
    6.noken racikan bengkel saya
    7.karbu pwk28
    8.magnet saya bubut sekitar 200-350gram
    9.kenalpot gue pake crimpie ORI spek
    130.
    Dana yang saya keluarkan kurang lebih 5jutaa bagian mesin yang saya tidak sebutkan berarti pakai std

    BalasHapus
  67. Final gear nya berapa mas bro

    BalasHapus
  68. Mas piston sonic 58mm yang bagus merek nya apa, maaf masi pemula mas

    BalasHapus
  69. Mas supra x125 saya pake piston kaze os 25, itu pantat piston prlu dipotong ngak,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  70. Gan mo nanya, motor supra saya kan dah ngebul, mau dibenerin tapi mau ttp standar.
    Itu kalo naik os 25 tanpa ubah yg lain, maksudnya karbu ttp std bawaan, noken ttp std bawaan itu aman kah? Trus seher pake punya kaze zx130 kan, Bukan yg kaze blitz?

    BalasHapus
  71. Mau nnya gan liner boring honda kharisma di ganti liner boring yg lebih gede aman nya ukuran diameter luar berapa biar gak ganggu lubang tusuk sate dan lubang oli renvana mau ganti pakai diameter 55MM DALAM 62LUAR BISA GAK

    BalasHapus
  72. Emng klau pke 58/seher sonic harus beli boring ya bang ?
    Perasa.an msih sisa 2mm dah klau 58,msih aman lah ya
    Kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boring std supra cuma 58mm, kalo dijejeli piston sonic 58mm kan ga ada sisa boringnya bro. Udh pasti ganti boring lebih gede n coak krengkes jg bro

      Hapus